Adani Tanjung Carat Project

Rate this item
(0 votes)

PT ADANI GLOBAL berencana untuk membangun pelabuhan khusus yang akan melayani pengangkutan batubara yang berlokasi di Tanjung Carat, sekitar 15 km ke arah timur laut dari Tanjung Api-api, Sumatera Selatan.

Pelabuhan diproyeksikan untuk dapat melayani pemuatan batubara ke kapal mother ship yang akan bertambat di dermaga pelabuhan ini. Sedangkan batubara akan didatangkan dari area di Tanjung Enim Baru dan sekitarnya melalui sarana angkut Kereta Rel. Adapun target kapasitas batubara yang akan ditangani di pelabuhan Tanjung Carat, diproyeksikan untuk pemuatan hingga 35 juta ton pertahunnya.
Dengan demikian selain dari penyediaan fasilitas prasarana pelabuhan, PT Adani Global juga memerlukan untuk menyediakan pula prasarana jalan rel KA yang menghubungkan mulai dari area lokasi penambangan di Tanjung Enimbaru menuju Prabumulih, kemudian ke Simpang hingga menuju ke Tanjung Carat. Kurang lebih panjang perjalanan adalah sejauh 248 KM.
Untuk rute perjalanan mulai dari Tanjung Enim Baru hingga ke Prabumulih dan Simpang, sudah ada jalan rel KA eksisting yang beroperasi aktif saat ini. Sedangkan mulai dari Simpang – Tanjung Api-api hingga Tanjung Carat belum tersedia jalan rel.
Meski sudah tersedia jalan rel eksisting untuk rute Tanjung Enimbaru hingga Setasiun Simpang, jalan rel tersebut kondisinya adalah cukup aktif dan relative padat saat ini sehingga diperkirakan tidak akan mencukupi kapasitas lalu lintasnya jika muatan batubara ke Tanjung Carat juga melalui jalur ini. Dengan kondisi itu maka pihak PT Adani Global mempunyai rencana untuk turut berinvestas pada pembangunan jalan rel KA terkait dengan keperluan tersebut di atas adalah sebagai berikut:

  1. Membangun tambahan satu jalur sebagai rel ganda dari kondisi rel tunggal yang ada saat ini yakni untuk ruas jalan rel KA mulai dari Muara Enim – Prabumulih – Simpang. Tambahan rel ganda mengikuti / sejajar dengan rel tunggal yang ada.
  2. Membangun jalan rel tunggal baru untuk ruas Simpang – Tanjung Apiapi. Desain trase jalan rel mengikuti desain eksisting yang ada.
  3. Membangun jalan rel tunggal baru untuk ruas Tanjung Apiapi – Tanjung Carat. Trase jalan rel baru dengan menyesuaikan desain yang ada dan perkiraan kondisi yang ada.

    Sehubungan dengan rencana tersebut di atas PT GPP menugaskan Konsultan PT Diagram Triproporsi untuk menyiapkan konsep desainnya sebagai bahan untuk diajukan kepada pemerintah daerah propinsi Sumatera Selatan dan pihak terkait lainnya. Desain masih merupakan konsep dan perlu kajian lanjut yang lebih rinci jika akan diterapkan nantinya.

Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk membuat konsep desain Jalan Rel Kereta Api Batu Bara dari Stasiun Tanjung Enimbaru menuju Stasiun Tanjung Carat melalui stasiun Prabumulih dan Stasiun Simpang.

Lokasi pekerjaan terletak di wilayah Sumatera Selatan, yakni mulai dari Tanjung Enim baru menuju Muara Enim , kemudian Prabumulih dan Simpang. Dari Simpang jalan rel KA bercabang ke utara (Tanjung Apiapi, dan kemudian ke Tanjung Carat. Jalan rel berjarak ±248 km.

Lingkup Pekerjaan proyek ini adalah sebagai berikut:

  • Konsep Desain Jalan Rel Kereta Api untuk Rangkaian Kereta Api Batu Bara Rute Tanjung Enim baru – Muara Enim – Prabumulih – Simpang, Tanjung Api-api – Tanjung Carat dengan konsep:
      • Membangun tambahan jalan rel ganda untuk rute Muara Enim – Prabumulih – Simpang. Konsep Desain mengikuti jalur rel eksisting dan membuat tambahan rel sejajar di sampingnya.
      • Membangun jalan rel tunggal mulai dari Simpang – Tanjung Api api . Konsep desain adalah mengikuti desain eksisting
      • Membangun jalan rel tunggal dari Tanjung Api-api ke Tanjung Carat. Konsep desain menyesuaikan kondisi desain eksisting Tanjung Api api dan konsep desain fasilitas pelabuhan Tanjung Carat.
  • Perkiraan Biaya Pembangunan Jalan Rel Kereta Api mulai dari Tanjung Muara baru sampai dengan Tanjung Carat.

Fasilitas pendukung trek Tanjung Enim sampai Tanjung Carat adalah sebagai berikut :

  1. Stasiun Tanjung Enim
  2. Stasiun Muara Enim
  3. Stasiun Muaragula
  4. Stasiun Ujanmas
  5. Stasiun Penanggiran
  6. Stasiun Gunungmegang
  7. Stasiun Belimbing
  8. Stasiun Niru
  9. Stasiun Penimur
  10. Stasiun Prabumulih
  11. Stasiun Lembak
  12. Stasiun Karangendah
  13. Stasiun Blumbang
  14. Stasiun Serdang
  15. Stasiun Payakabung
  16. Stasiun Simpang
  17. Stasiun Talangkemang
  18. Stasiun Talangilir
  19. Stasiun Gasing
  20. Stasiun Jalur 19
  21. Stasiun Sebalik
  22. Stasiun Pakurancak
  23. Stasiun Api api
  24. Stasiun Tanjung Carat
Read 3204 times
More in this category: « Palaran Port Project

About Us

PT. Diagram Triproporsi Engineering Consultant was founded in 1980 with intensive projects portfolio in ports, harbors and urban drainage. Read more...

Contact Info

MAIN OFFICE :

+62 (021) 4701356
+62 (021) 4701357

+62 (021) 4720895
+62 (021) 4892042

E-mail : project@diagramtriproporsi.com

ADDRESS :

Agnesia Building 2nd floor, Jl. Pemuda 73B Jakarta Indonesia 13220

Location